Debat Terbuka Calon Gubernur Jawa Timur

debat terbuka calon gubernur jawa timur
Bapak Nur Salam (kiri) dan Ibu Prashastiwi Kurnia Sitorosmi (kanan)
 
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Indonesia tahun 2024 dilakukan secara serentak. Pemilihan walikota atau bupati dan gubernur akan dilaksanakan pada tanggal 27 november 2024. Sebelum dilakukan pemilihan langsung kepala daerah terlebih dahulu dilakukan kampanye tentang berbagai visi, misi dan program kerja para calon kepala daerah. Masa kampanye dimulai sejak tanggal 25 september sampai dengan 23 november 2024, sesuai dengan Peraturan KPU nomor 2 tahun 2024. Kampanye selain dilakukan secara langsung juga ada debat terbuka yang diadakan oleh KPU. Acara debat terbuka ini wajib dihadiri oleh para calon pemimpin daerah.

Pada tanggal 17 oktober 2004, KPU Jawa Timur mengadakan media briefing debat terbuka calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur untuk sesi pertama. Acara ini dipimpin langsung oleh Bapak Nur Salam, Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dan Ibu Prashastiwi Kurnia Sitorosmi, kasubbag Partisipasi dan Hubungan Masyarakat dari KPU Jawa Timur. Debat terbuka sesi pertama akan dilaksanakan pada tanggal 18 oktober 2024 di Graha UNESA lantai 4 Jalan Citra Raya Lakarsantri, Lidah Wetan, Surabaya.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur tahun 2024
1. Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim 
2. Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak 
3. Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta
Wajib hadir pada acara debat terbuka ini. Ada tiga sesi debat terbuka dan semuanya harus dihadiri tanpa terkecuali.

Debat terbuka calon gubernur dan wakil gubernur sesi pertama ini akan dimulai jam 19.30. Untuk pintu masuk ke ruangan dan registrasi para partisipan dan media akan dilakukan mulai jam 17.30. Sebelum masuk ke area debat terbuka akan dilakukan pemeriksaan barang bawaan. Makanan, minuman dan aneka alat bunyi-bunyian tidak diperbolehkan untuk dibawa masuk ruangan. Registrasi dan pintu ruangan akan ditutup pada jam 18.30. Para partisipan, penonton dan media tidak bisa lagi masuk ruangan debat terbuka. 



Tema Debat Terbuka dan Panelis
Ketiga sesi debat terbuka calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur memiliki tema dan sub-tema yang berbeda. Tema debat pertama ini tentang transformasi sosial dan peningkatan produktivitas sumber daya lokal untuk kesejahteraan masyarakat Jawa Timur. Sedangnya sub-tema sebagai berikut
1. daya saing dan nilai tambah ekonomi
2. Pendidikan
3. kesehatan 
4. demografi, kemiskinan, dan kesenjangan
5. masyarakat digital 
6. ketahanan sosial 
7. penguatan budaya dan identitas sosial

Pada setiap sesi debat terbuka akan dihadiri oleh para panelis, yang terdiri dari tiga unsur yaitu akademisi, professional dan tokoh masyarakat. Untuk panelis pada debat terbuka pertama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk wilayah Jawa Timur adalah 

1. Prof. Dr. H. Achmad Muhibin Zuhri, M. Ag. 
Ahli pendidikan agama dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya
2. Prof. Dr. drs. Ec. H. Muhammad Syarif, M. Si, CMA, CRA
Ahli manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura
3. Adhitya Wardono, SE, M. Si, M. Sc, PhD
Ahli Ekonomi pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember
4. Dr. Sasongko Budisusetya, CPA, CPMA
Ahli akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya 
5. dr. Hidayatullah, Sp. N
Ahli kesehatan dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ma'atif Hasyim Latif Sidoarjo
6. Dr. Ahmad Imron Rozuli, SE, M. Si
Ahli sosiologi ekonomi dan kelembagaan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang 
7. Dr. Rina Wahyu Setyaningrum, M. Ed
Ahli pendidikan bahasa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang 

Acara debat terbuka ini akan disiarkan secara langsung oleh KompasTV dan TVRI. Sedangkan debat terbuka yang kedua akan diadakan pada tanggal 3 november 2024 di Gedung DBL jalan Ahmad Yani 88 Surabaya. Penyiaran secara langsung akan dilakukan oleh JTV dan CNNIndonesia. Debat terbuka terakhir akan berlangsung pada tanggal 18 november 2024 di Hall Grand City Mall jalan Walikota Mustajab no 1, Ketabang, Genteng, Surabaya. Acara ini akan disiarkan langsung oleh MetroTV dan TVOne. Semua sesi debat terbuka calon gubernur dan wakil gubernur juga bisa disaksikan secara langsung di YouTube channel @kpujatim.

Bagi Anda yang tidak bisa datang langsung di lokasi debat terbuka. Bisa mengikuti acara ini secara langsung di televisi atau media sosial. Setiap calon pemilih wajib mengikuti acara ini agar tahu bagaimana visi, misi dan berbagai program calon gubernur dan wakil gubernur. Selain itu kita bisa juga menilai karakter karakter mereka saat melakukan pemaparan di depan panelis. Bukankah kita tidak boleh memilih pemimpin secara asal. Pilihlah pemimpin yang sesuai dengan kata hati dan logika kita. Selamat menikmati debat terbuka pertama calon gubernur dan wakil gubernur nanti sore. Jangan lupa simak debat kedua dan ketiga. Catat jadwalnya. Jika perlu bikin reminder di ponsel Anda.

Komentar